Tahukah Anda bahwa penyakit jantung merupakan penyebab kematian nomor 1 di dunia? Menurut World Health Organization (WHO), sekitar 17,9 juta orang meninggal akibat penyakit kardiovaskular di tahun 2016. Sejumlah 85% dari kematian ini disebabkan oleh serangan jantung dan stroke. Anda dapat mulai menjaga kesehatan jantung dengan menjalani pola makan yang sehat dan olahraga.

1.    Jadikan Olahraga sebagai Prioritas

   Sebagian orang mungkin terlalu sibuk dan lelah untuk memulai berolahraga. Namun, Tahukah Anda bahwa The Centers for Disease Control (CDC) menjelaskan ada banyak manfaat utama berolahraga yakni:

a)    Menjaga berat badan
b)    Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2, dan sindrom metabolik
c)    Menurunkan risiko beberapa jenis kanker
d)    Memperkuat tulang dan otot
e)    Meningkatkan mood dan suasana hati
f)    Meningkatkan performa Anda saat beraktivitas
g)    Meningkatkan kualitas hidup Anda


2.    Pilih Makanan yang Sehat untuk Jantung Anda

   Untuk jantung yang lebih sehat, Anda harus mulai mengonsumsi makanan yang tepat. Pola makan sehat dan bernutrisi harus dipilih saat berbelanja di supermarket, memasak di rumah, atau memesan makanan di restoran.

   Makanan sehat untuk jantung terdiri dari sumber yang seimbang antara nutrisi makro, vitamin, dan mineral. Terdiri dari buah-buahan, sayuran, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, ikan, kacang kedelai, dan serat. Anda sebaiknya menghindari minuman bersoda dan makanan kaleng yang mengandung tinggi natrium.

a)    Sayuran Berwarna

Wortel, tomat, dan bayam memiliki pigmen warna yang baik yaitu Karotenoid untuk mendukung kesehatan jantung Anda. Sebagai tambahan, Anda dapat menambahkan avokad ke dalam salad dengan sedikit minyak zaitun. Karena karotenoid bersifat larut lemak, tambahan sedikit lemak sehat ke dalam sayuran Anda membantu tubuh menyerap kandungan nutrisi yang terkandung di dalam sayuran.

b)    Ikan

Umumnya, ikan mengandung lemak total dan lemak jenuh yang rendah. Ikan juga merupakan sumber terbaik asam lemak Omega-3 yang membantu mengontrol kadar lemak di dalam darah seperti trigliserida dan kolesterol.

c)    Kacang-Kacangan

Kacang seperti almond, walnut, dan pistachio mengandung fitosterol tinggi yang dapat membantu menjaga kolesterol darah tetap terjaga. Anda dapat mengolah kacang dengan memanggangnya sebentar di atas penggorengan tanpa minyak. Setelah itu, taburkan ke dalam sayuran rebus sebagai camilan atau bisa Anda tambahkan ke dalam salad Anda.